Event Kolaborasi Bawaslu Dengan Tiktok Indonesia

Kiprah Tiktok Di Indonesia

Laju pertumbuhan TikTok di Indonesia sangat pesat, apalagi sejak adanya pandemi COVID-19. Menurut laporan We Are Social dan HootSuite, jumlah pengguna TikTok di Indonesia akan mencapai 113 juta pada April 2023, menjadikan Indonesia sebagai negara dengan pengguna TikTok terbesar kedua di dunia. Jumlah ini meningkat 18,8% dibandingkan tahun sebelumnya.

Beberapa faktor yang mendorong pertumbuhan TikTok di Indonesia

Popularitas konten video pendek. Konten video berdurasi pendek telah menjadi tren di media sosial, dan TikTok menjadi salah satu platform yang menawarkan konten tersebut. Hal ini menjadikan TikTok pilihan menarik bagi pengguna yang ingin berbagi momen atau ide secara ringkas dan menarik.

Fitur yang mudah digunakan. TikTok memiliki antarmuka yang sederhana dan mudah digunakan sehingga pengguna baru pun dapat dengan mudah membuat dan berbagi video.

Komunitas yang beragam. TikTok memiliki komunitas yang beragam dengan berbagai latar belakang, mulai dari remaja hingga dewasa. Hal ini menjadikan TikTok sebagai platform yang cocok untuk semua orang.

Pertumbuhan TikTok di Indonesia memberikan dampak positif bagi berbagai pihak, termasuk pembuat konten, pengusaha, dan pemerintah. Pembuat konten dapat menggunakan TikTok untuk mengembangkan karier mereka, wirausahawan dapat menggunakan TikTok untuk mempromosikan produk dan layanan mereka, dan pemerintah dapat menggunakan TikTok untuk menyampaikan informasi dan pendidikan kepada masyarakat umum.

Berikut beberapa dampak positif dari berkembangnya TikTok di Indonesia:

Meningkatkan peluang bagi pembuat konten. TikTok adalah platform yang menjanjikan bagi pembuat konten untuk menghasilkan uang. Hal ini didukung dengan fitur-fitur yang memungkinkan pembuat konten mendapatkan dukungan dari pengguna, seperti fitur TikTok Coins dan TikTok Shop.

Meningkatkan promosi bagi pengusaha. TikTok telah menjadi platform yang efektif bagi para pengusaha untuk mempromosikan produk dan layanan mereka. Hal ini didukung dengan fitur-fitur yang memungkinkan bisnis menyasar audiens yang tepat, seperti fitur TikTok Ads dan TikTok Creator Marketplace.
Meningkatkan literasi digital. TikTok dapat menjadi platform yang efektif untuk menyampaikan informasi dan edukasi kepada masyarakat. Hal ini didukung dengan fitur-fitur yang memungkinkan pengguna membuat dan berbagi konten edukasi, seperti fitur TikTok Shorts dan TikTok Creator Fund.
Ke depannya, TikTok diperkirakan akan terus berkembang di Indonesia. Hal ini didukung oleh meningkatnya penetrasi internet di Indonesia dan semakin populernya konten video berdurasi pendek.

Mengenal Lebih Dekat Dengan Bawaslu

Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) merupakan organisasi publik yang dibentuk untuk mengawasi pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu) di Indonesia. Bawaslu dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

Tugas dan fungsi Bawaslu adalah:

  • Mengawasi tahapan penyelenggaraan pemilu mulai dari pendaftaran pemilih, pencalonan, kampanye, pemungutan suara, penghitungan suara, penetapan hasil pemilu, dan perselisihan pemilu.
    Menerima pengaduan masyarakat mengenai dugaan pelanggaran pemilu.
    Menangani perkara pelanggaran administratif Pemilu dan pelanggaran pidana Pemilu sesuai tingkatan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan. Bawaslu terdiri dari lima anggota yang dipilih oleh DPR dengan mempertimbangkan keterwakilan perempuan dan lapisan masyarakat. Anggota Bawaslu dipilih untuk masa jabatan lima tahun dan tidak dapat dipilih kembali untuk masa jabatan berikutnya.

Bawaslu berkantor pusat di Jakarta dan mempunyai kantor perwakilan di setiap provinsi, kabupaten/kota di Indonesia.

Berikut beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang Bawaslu:

Bawaslu merupakan organisasi independen yang tidak berafiliasi dengan partai atau kelompok politik mana pun.
Bawaslu mempunyai kewenangan penuh untuk mengawasi jalannya pemilu. Bawaslu mempunyai kewenangan untuk melakukan penyidikan, penyidikan, dan penuntutan terhadap dugaan pelanggaran pemilu.
Bawaslu mempunyai peran penting dalam memastikan pemilu dilaksanakan secara jujur, adil, dan berintegritas.
Masyarakat dapat berperan aktif dalam pengawasan pemilu dengan melaporkan dugaan pelanggaran pemilu ke Bawaslu. Pelaporan dapat dilakukan secara online melalui website Bawaslu atau secara langsung di kantor Bawaslu terdekat.

Berikut beberapa cara melaporkan dugaan pelanggaran pemilu:

Laporkan secara online melalui website Bawaslu. Caranya, kunjungi website Bawaslu dan klik menu “Laporkan Pelanggaran”. Mengisi formulir laporan dan melampirkan bukti pelanggaran.
Langsung saja ke kantor Bawaslu terdekat. Bawaslu mempunyai kantor perwakilan di setiap provinsi, kabupaten/kota di Indonesia.
Masyarakat juga dapat berperan aktif dalam pengawasan pemilu dengan mengikuti kegiatan yang diselenggarakan Bawaslu, seperti pendidikan dan penyadaran pemilih.

Peran Arjuna Event Dievent Tersebut

Di Event tersebut kita event organizer yang mendukung Kelengkapan acara tersebut seperti backdrop, sound system dll. Acara yang berlangsung dikantor bawaslu sesuai dengan yang diharapkan. Acara tersebut berlangsung selama 3 jam.

Arjuna Event sebagai penyedia Jasa Live Streaming bisa menjadi Partner terbaik Anda yang bisa menyesuaikan kebutuhan yang diperlukan oleh setiap klient. Segera hubungi CS kami pada nomor WA yang tertera di website ini untuk informasi lebih lanjut mengenai Jasa Live Streaming.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Kami akan membantu anda
Hallo, ada yang bisa kami bantu?