Arjuna Event

Memilih Aplikasi Video Editing Yang Tepat untuk Anda

jasa live streaming murah Jakarta

Perangkat lunak pengeditan video terbaik memungkinkan Anda mengubah rekaman mentah menjadi video yang epik dan halus. Tapi itu biasanya tidak murah, jadi di mana Anda harus menghabiskan uang Anda? Yah, itu sangat tergantung pada tingkat pengalaman Anda dan untuk apa Anda menggunakan perangkat lunak pengeditan video. Siapa pun yang bekerja sebagai profesional akan menginginkan perangkat lunak pengeditan video paling canggih, yang biasanya datang dengan harga premium yang berarti Premiere Pro atau Final Cut. Tetapi jika Anda seorang pemula, atau hanya ingin mengedit rekaman liburan Anda atau membuat klip pendek untuk media sosial, Anda mungkin akan lebih baik dengan perangkat lunak yang lebih murah yang lebih sederhana dan lebih mudah digunakan. 

 

Dengan mengingat hal itu, kami telah mengumpulkan rekomendasi perangkat lunak untuk pengeditan video terbaik dari semua jenis. aplikasi ini bisa untuk Mac, PC, iPad, iPhone, dan Android, dan beberapa yang berfungsi di semua platform. silahkan simak apakah aplikasi yang direkomendasikan ada yang sesuai untuk anda gunakan.

 

1. Adobe Premiere Pro

Premiere Pro sering digunakan untuk membuat segala sesuatu mulai dari video YouTube hingga film Hollywood, seperti Mank, yang dinominasikan untuk Oscar pada tahun 2021.  perangkat lunak ini dapat meningkatkan produktivitas dengan membagi semuanya ke dalam ruang kerja yang berbeda, seperti pengeditan, efek, dan suara.  Saat bekerja dengan banyak proyek, Anda dapat membuka semuanya secara bersamaan dan beralih di antara klip. Premiere Pro membantu menghemat waktu selama mengedit dan bekerja tanpa repot. 

 

Premiere Pro memungkinkan Anda untuk menambahkan berbagai efek khusus yang akan membuat pekerjaan Anda menonjol. Anda dapat melakukan koreksi warna otomatis, efek level, kontras otomatis serta mengubah kecerahan, menghilangkan warna, atau menambahkan efek pencahayaan/bayangan. Anda juga dapat menambahkan teks dan grafik, memberikan nuansa animasi pada video.  Seperti semua perangkat lunak Creative Cloud, Premiere Pro terus diperbarui dan pelanggan menerima semua pembaruan secara gratis. 

 

Fungsi Audio Mixer memungkinkan Anda melakukan penyesuaian selama pemutaran ulang proyek dan membuat trek baru saat Anda menghapus klip audio. Jika Anda memiliki akses ke Adobe Audition, Anda bahkan dapat beralih di antara program dan mendapatkan akses ke penghapusan klik otomatis, pengurangan kebisingan adaptif, equalizer parametrik, dan kompresi.

 

2. Cyberlink PowerDirector

Jika Anda tidak bekerja sebagai editor video profesional, tetapi melakukan banyak pengeditan (misalnya sebagai Youtuber atau dalam pekerjaan pemasaran atau desain grafis Anda), maka Premiere Pro mungkin berlebihan. Dalam hal ini, Anda harus menggunakan alat kelas menengah yang lebih murah dan sederhana. Perangkat lunak pengeditan video PowerDirector dari cyberLink menjembatani kesenjangan antara pengeditan profesional dan kenyamanan konsumen. Hal ini sering di depan produk profesional dengan dukungan untuk format baru dan teknologi baru. Itu juga sarat dengan alat untuk membantu Anda membuat film digital yang menarik, lengkap dengan transisi, efek, dan judul. Yang terbaik dari semuanya, mudah digunakan dan di render dengan cepat. 

 

Seperti halnya Adobe Creative Cloud  dan Microsoft Office 365, fitur baru tersedia sepanjang tahun untuk pelanggan PowerDirector  365 dan Director Suite 365, termasuk perangkat lunak foto dan audio. CyberLink menambahkan fitur, efek, dan peningkatan dengan kecepatan sangat tinggi .Ada juga pengeditan video 360 derajat, serta dukungan untuk setiap format dan standar  file yang dapat Anda bayangkan. Lalu ada tayangan slide, perekaman layar, menu DVD, alat perancang objek, dan banyak lagi. Dan biayanya, apakah itu pembelian satu kali atau berlangganan bulanan atau tahunan, jauh lebih terjangkau daripada Premiere Pro.

 

3. Adobe Premiere Elements

Jika Anda tidak memerlukan pengeditan video untuk pekerjaan dan hanya ingin melakukannya sebagai hobi, kedua alat yang tercantum di atas lebih rumit daripada yang mungkin Anda perlukan. Demikian juga, jika Anda ingin belajar mengedit video tetapi benar-benar baru, mereka menawarkan kurva belajar yang cukup sulit.. Lebih murah dan lebih mudah dipelajari, tetapi masih memiliki banyak fitur canggih yang berguna, termasuk pengenalan wajah, efek suara, dan soundtrack yang menyertainya. Antarmukanya  sederhana dan intuitif, dan Anda memiliki semua efek video yang Anda butuhkan, termasuk transisi, kunci kroma, dan opasitas. 

 

Perangkat lunak ini membantu Anda belajar melalui “Pengeditan Terpandu” yang akan memandu Anda langkah demi langkah untuk melakukan tugas yang berbeda. Fitur pengeditan video yang hebat dengan banyak efek video, alat teks yang berguna. Adobe memiliki layanan pelanggan yang sangat baik, perwakilan layanan pelanggan 24/5, forum komunitas, dan portal pembelajaran yang komprehensif.

 

4. Pinnacle Studio

Menggunakan Windows dan tidak pernah mengedit video sebelumnya? Pinnacle Studio merupakan sebagai pilihan lain  dari perangkat lunak pengeditan video untuk memulai. Seperti Premiere Elements, ia berada di  antara alat gratis yang lebih mendasar dan alat pengeditan video tingkat profesional, baik dari segi harga dan kemampuan. Fitur utama dari versi terbaru adalah dukungan 8K, pelacakan objek pintar, mode campuran, dan pengurangan kebisingan audio khusus. 

 

Penambahan fitur terbaru lainnya termasuk pelacakan gerakan wajah versi 24 dengan keburaman mosaik, editor judul yang diperbarui, dan kontrol bingkai utama yang ditingkatkan. Versi sebelumnya 23  menambahkan alat baru yang signifikan, termasuk penggabungan klip, animasi GIF, preset LUT warna, kaca vektor warna selektif, dan pemrosesan batch.

 

Pinnacle melayani penggemar tingkat profesional, dengan fitur dan efek pengeditan yang luar biasa seperti video stop-motion, pengeditan multi-kamera, dan pelacakan gerakan. Untungnya, itu tidak memiliki kurva belajar yang curam yang terkait dengan perangkat lunak pengeditan video profesional.

 

5. Adobe Premiere Rush

Tersedia untuk iOS dan Android, Premiere Rush menggunakan versi sederhana dari antarmuka Premiere Pro dengan ikon besar dan panel yang lebih mudah untuk diklik pada layar sentuh kecil. Itu berarti  lebih sedikit fitur, tetapi Anda masih mendapatkan semua dasar-dasarnya, seperti menyeret dan menjatuhkan lebih banyak video ke timeline  dan mencampur musik. (Untuk detail lebih lanjut tentang perbedaannya, lihat artikel kami yang membandingkan Premiere Pro dan Premiere Rush.) 

 

Anda bisa mendapatkan Premiere Rush sebagai bagian dari Creative Cloud (artinya Anda juga mendapatkan Premiere Pro) atau melalui satu langganan aplikasi. Ada juga paket awal gratis yang mencakup akses  aplikasi, penyimpanan cloud 2GB, dan ekspor seluler tanpa batas secara gratis. Rilis terbaru pada bulan Desember, versi 2.0, memperkenalkan ekspor dan ketersediaan desktop tanpa batas  dalam bahasa tambahan, serta penambahan trek audio baru. 


Secara keseluruhan, kesederhanaan Premiere Rush membuatnya cocok untuk pemula, sementara editor video yang lebih berpengalaman akan merasa berguna untuk pengeditan saat bepergian. Namun, jika Anda seorang pemula yang tidak harus banyak bergerak, Anda harus memilih Premiere Elements karena perangkat lunak desktop ini juga mudah digunakan tetapi memiliki lebih banyak fitur setelah Anda menguasai dasar-dasarnya. . Untuk detail selengkapnya, lihat ulasan lengkap Premiere Rush kami.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Kami akan membantu anda
Hallo, ada yang bisa kami bantu?